Roti Buaya Boleh Dimakan atau Tidak?

Roti buaya tidak pernah tertinggal dalam adat istiadat pernikahan suku Betawi.Adat istiadat ini sudah ada secara turun temurun dan masih ada sampai jaman sekarang. Makna dibalik adanya roti buaya adalah kesetiaan sehidup semati yang diharapkan pasangan pengantin yang menikah. Roti buaya ini juga bentuk harapan agar pasangan pengantin ini nantinya dapat hidup mapan secara ekonomi. Nah, jadi apakah roti buaya ini boleh dimakan atau tidak? jawabannya adalah tidak. Roti buaya selalu dilambangkan dengan kesetiaan, maka dari itu roti buaya yang ada pada setiap pernikahan, menurut adat istiadat, seharusnya tidak boleh dimakan maupun dibagi-bagikan.

Mengapa roti buaya yang sudah dibeli dengan harga yang cukup mahal tidak boleh dimakan ataupun dibagi-bagikan kepada tamu? Konon katanya hewan buaya adalah hewan yang dianggap suci oleh para leluhur suku Betawi dan sangat setia pada pasangannya. Atas dasar itu maka roti buaya tidak untuk dimakan maupun dibagikan. Alasan ittu menjadikan roti buaya yang dibuat Snack Box Jakarta bertekstur keras, semakin keras roti itu malah semakin bagus, karena memang tujuan dibuatnya roti buaya ini bukan untuk dikonsumsi tapi untuk disimpan selama mungkin. Roti buaya yang telah dibuat nantinya akan dipajang sampai selesainya acara di tengah-tengah ruangan acara pernikahan, lalu setelah itu roti buaya tersebut dibawa masuk ke kamar pengantin dan ditaruh di atas lemari yang ada di kamar pengantin sampai roti ini hancur membusuk dan dikerumuni oleh belatung. Memang sedikit ngeri memang, namun begitulah adat istiadat yang ada.

Roti buaya yang membusuk termakan waktu sebagai perlambang bahwa kehidupan biduk rumah tangga antara suami dan istri seyogyanya hanya dipisahkan oleh satu perkara, yaitu maut atau kematian. Namun sangat disayangkan, paham roti buaya ini mulai ditinggalkan pada jaman sekarang. Roti buaya yang dibuat nantinya akan dimakan ataupun dibagikan kepada tamu, sehingga dibuat selembut mungkin, dihias semenarik mungkin dan dibuat dengan berbagai rasa. Roti buaya yang ada di pesta pernikahan, nantinya akan dibagikan kepada para tamu setelah acara selesai.