Inilah 3 Jenis Website Hosting yang Sesuai untuk Situs dengan Traffic Tinggi

Website menjadi salah satu media berbasis internet yang sering digunakan untuk berbagai hal. Sebagai sarana atau media informasi, sebagai media berbisnis dan bahkan sebagai laman resmi oleh instansi-instansi pemerintahan. Dalam mengelola website, ada banyak hal yang harus diperhatikan agar website bisa mudah diakses. Apalagi untuk situs atau laman-laman yang sering dikunjungi sehingga meningkatkan trafficnya. Laman website yang memiliki traffic tinggi memiliki kemungkinan crush atau permasalahan lebih tinggi. Masalah yang bisa timbul misalnya gagal memuat atau tidak bisa diakses.

 

Memilih Hosting Tepat untuk Situs dengan High Traffic

Salah satu fitur penting dalam website yang menunjang kinerja website tersebut adalah hosting. Dalam mengelola sebuah laman website, hosting bisa dibilang sebagai fitur paling dasar dan penting yang harus dimiliki sebelum membuat website. Jika diumpamakan, hosting adalah sebuah tanah tempat mendirikan rumah. Semakin besar hosting yang digunakan, semakin leluasa Anda bisa mengelola website. Nah, untuk itu Anda perlu mengenal beberapa jenis hosting yang bisa Anda gunakan, terutama untuk website dengan traffic yang tinggi.

 

  1. VPS hosting

Saat situs website sedang mengalami traffic yang tinggi, kemungkinan terjadi downtime tidak bisa dihindari. Bagi Anda yang memiliki situs website untuk pribadi, hal ini mungkin tidak terlalu berpengaruh. Namun, berbeda jika downtime terjadi pada pelaku bisnis berbasis online ataupun pada situs instansi pemerintahan. Hal tersebut tentu sangat merugikan. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, Anda bisa menggunakan hosting VPS sebagai solusi terbaik. Virtual Private Server (VPS) bisa menyediakan ruang yang cukup besar sehingga bisa mencegah terjadinya downtime.

 

  1. Cloud Hosting

Teknologi cloud server computing saat ini sudah semakin banyak diterapkan sebagai alternatif penyimpanan yang lebih efektif, termasuk dalam pengelolaan website. Skalabilitas dan kinerja yang tinggi akan membuat pemilik website semakin dimudahkan dengan teknologi ini. Dengan teknologi ini, instance tak terbatas dengan pembiayaan fleksibel akan memudahkan Anda dalam mengelola website. Dengan begitu situs Anda tidak perlu mengalami downtime akibat traffic yang terlalu tinggi.

 

  1. Dedicated Server

Traffic yang tinggi dan mengakibatkan adanya delay load pada situs-situs atau website berbasis bisnis tentu akan sangat berdampak besar. Jika dihitung-hitung, terjadinya delay ini akan turut mempengaruhi rate website dan akhirnya juga berpengaruh pada pemasukan. Maka untuk mengatasinya diperlukan hosting dengan kualitas terbaik untuk situs-situs dengan traffic yang sangat tinggi seperti situs e-commerce. Dedicated server adalah solusi yang paling tepat dan bisa diandalkan. Meskipun harganya bisa dibilang lebih tinggi dibandingkan hosting lainnya, namun tentu Anda akan mendapatkan keuntungan lebih banyak. Jenis hosting dedicated server indonesia ini kini sudah banyak digunakan oleh website berbasis e-commerse.

Dalam mengelola website, ada berbagai faktor yang harus Anda perhatikan. Terutama jika Anda membuat website dengan tujuan untuk menjalankan bisnis. Website dengan performa yang baik tanpa ada gangguan delay maupun downtime akan sangat membantu meningkatkan rate. Sedangkan performa tanpa gangguan juga sangat dibutuhkan oleh website-website milik instansi pemerintahan.

 

Untuk mengatasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan di atas, pemilihan hosting yang tepat adalah salah satu caranya. Memilih hosting yang tepat untuk digunakan pada situs atau laman dengan traffic tinggi harus dilakukan untuk mencegah terjadinya masalah pada website. Beberapa jenis hosting di atas adalah beberapa hosting yang bisa mengatasi masalah tersebut. Harga yang ditawarkan tentu saja beragam sesuai dengan kualitas dan keuntungan yang akan Anda dapatkan. Tunggu apa lagi, pilih hosting terbaik untuk laman Anda sekarang.