Motif Ukir Khas Bali

motif ukir khas bali

Bali sangat terkenal dengan budaya seni dan wisata nya. Pada artikel kali ini kita akan membahas karya seni yang dihasilkan oleh masyarakat Bali. Salah satu karya seni khas Bali yang memiliki begitu banyak peminat adalah ukiran, walau tidak begitu terkenal seperti ukiran khas Jepara, ukiran khas Bali tidak boleh dianggap remeh karena ukiran khas Bali memiliki tampilan yang tidak kalah bagus dengan ukiran khas Jepara.

Hal tersebut dikarenakan motif yang mereka gunakan, begitu banyak motif yang terdapat pada ukiran khas Bali. Biasa nya mereka membuat nya untuk ukiran mebel seperti pada meja, tempa tidur dan lemari. Khusus tempat tidur biasa nya bentuk nya hampir sama dengan motif ukiran tempat tidur jepara.

motif ukir khas bali

Karya seni ukiran khas bali akan membuat siapa saja yang melihatnya akan tertarik dan ingin memilikinya, Oleh karena itu di bawah ini kita akan memberikan daftar motif dan pengertian yang terdapat pada ukiran khas pulau Bali.

Angkup  pada motif ukiran khas Bali  memiliki bentuk yang berikal atau tidak runcing pada ujungnya.  Secara garis besar hampir sama dengan ukiran khas Jepara atau daerah lainnya.

Sunggar berasal dari ujung benangan yang berbentuk Ikal pada daun pokok ukiran khas Bali

Simbar tumbuh di depan daun pokok yang Mengikuti alur atau bentuk dari pangkal daun pokok. Hal tersebut membentuk kesan yang anggun dan membuat serasi pada motif ukiran khas Bali.

Benangan Khas Bali memiliki bentuk yang khusus yaitu bentuk pecahan garis yang menjalar sampai daun dan pecahan cawen yang terdapat pada ukiran daun Patran. Kesan serasi dan Selaras yang akan ditimbulkan dari motif benangan ini.

Motif-motif tersebut yang akan membuat orang yang melihatnya bakal langsung suka dan ingin memiliki. Nah bagi Anda yang ingin membeli ukiran khas Bali Anda bisa langsung datang, karena cukup banyak pengrajin yang membuat ukiran khas Bali di sana.