Mengenali Tanda dan Cara Pencegahan Penyakit Tipes

pencegahan penyakit tipes, penyakit tipes, kurma, kampung kurma

pencegahan penyakit tipes, penyakit tipes, kurma, kampung kurma

Penyakit tipes sering didengar oleh masyarakat dimana penyakit disebabkan oleh kuman yang menyerang pada kelenjar limfa, sehingga mengakibatkan peradangan yang terletak pada bagian usus penderitanya. Gejala awal yang muncul biasanya terjadi demam tinggi, terkadang naik turun yang terjadi pada siang dan malam hari.

Selain gejala awal, ada beberapa tanda-tanda penyakit tipes yang harus Anda kenali untuk melakukan pencegahannya. Gejala demam biasanya terjadi pada jam 12 siang. Umumnya, sehari pertama demam yang diderita tidak begitu tinggi, hari selanjutnya mulai terlihat demam tinggi yang menyerang penderitanya.

Baca juga: Kampung Kurma

Selain demam, pada bagian lidah cenderung berwarna abu-abu karena kurang makan yang menyebabkan kotoran melekat pada lidah. Tanda-tanda lainnya suhu badan tidak sejajar dengan denyut nadinya. Secara normal, jika suhu tubuh mengalami kenaikan, pasti diikuti dengan meningkatnya denyut nadi. Untuk penderita tipes mengalami kelainan, suhu badan meningkat namun tidak sejajar dengan meningkatnya denyut nadi. Dengan mengenali beberapa tanda-tandanya, Anda bisa lebih cepat melakukan pencegahan penyakit tipes.

Pencegahan penyakit tipes bisa disiasati dengan memperhatikan lingkungan sekitar dan menjaga  kesehatan tubuh dengan menghindari konsumsi makanan tidak higienis. Bila Anda mengkonsumsi protein yang terkandung dalam telur, sebaiknya konsumsi telur yang benar-benar sudah matang.

Selanjutnya dengan melakukan imunisasi khusus untuk mencegah penyakit tipes, pencegahan tersebut bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh yang rentan terserang penyakit, terutama penyakit tipes.

Meningkatkan daya tahan tubuh dengan menjaga pola tidur. Pola tidur teratur secara otomatis mampu meningkatkan daya tahan tubuh, setidaknya setiap hari Anda beristirahat selama 7-8 jam. Selain menjaga pola tidur, lakukan gaya hidup sehat dengan berolahraga secara rutin. Minimal lakukan 3-4 kali dalam seminggu dalam durasi 30-60 menit. Berolahraga ringan sudah cukup, dengan lari-lari kecil didalam rumah, push up, sit up dan sebagainya.

Apabila Anda pernah mengidam penyakit tipes, sebaiknya jaga kesehatan Anda lebih ekstra, jangan melakukan pekerjaan berat atau melelahkan yang nantinya akan memicu kambuhnya penyakit tersebut. Selalu jaga kebersihan tangan dari kuman dan menjaga konsumsi makanan yang higienis.

Demikian ulasan mengenai pencegahan penyakit tipes dan mengenali tanda-tanda penyakitnya. Semoga isi ulasan bermanfaat bagi para pembacanya. Lakukan pencegahan sebelum Anda terjangkit penyakit. selalu konsultasikan pada ahlinya jika Anda terserang penyakit untuk memaksimalkan proses penyembuhannya. selamat mencoba.