Manfaat Kurma Muda untuk Suplemen Bumil

manfaat kurma muda kuning untuk ibu hamil

Kurma muda atau yang juga dikenal dengan nama ruthob ini ialah kurma segar (fresh dates) yang diambil langsung dari pohonnya. Selain itu kurma ini tidak mengalami pengolahan sebagaimana kurma lainnya yang dijual di pasaran pada umumnya.

Kurma muda paling banyak yang memiliki warna kuning, hijau, merah dan kekuning-kehijauan. Bentuk dari kurma muda pun juga sangat banyak variannya. Terdapat kurma muda yang bentuknya oval, bulat dan ada juga yang lonjong memanjang. Kurma muda umumnya termasuk bagian batang dari pohon kurma.

Ruthob atau kurma muda saat ini tidak mudah didapat sebagaimana dulu. Hal ini Sulit untuk mendapatkan kurma muda karena kurma muda yang segar ini yang hanya memiliki daya tahan beberapa hari saja. Oleh karena itu tidak semua toko kurma menyediakan kurma muda ini. penyimpanan kurma muda harus di freezer atau dibekukan agar tetap segar dan tidak busuk.

Manfaat Kurma Muda Untuk Ibu yang Sedang Hamil

manfaat kurma muda kuning untuk ibu hamil
manfaat kurma muda kuning untuk ibu hamil

Manfaat kurma muda ini sebenarnya sama dengan kurma lain dalam hal memberikan manfaat kesehatan. Selain kesehatan, kurma muda juga dipercaya mempunyai khasiat yang besar bagi pasangan yang hendak memiliki bayi. Kurma muda yang berwarna kuning merah bisa menambah kesuburan dan mengobati masalah kepria-an. Sementara kurma muda yang berwarna kuning dan hijau kaya akan zat besi dan kalsium, sehingga sangat cocok untuk wanita yang sedang hamil.

Manfaat lain yang bisa didapat dari kurma muda ini ialah hormon botosin yang mempunyai peranan sangat penting dalam meningkatkan pergerakan peristaltik dalam darah dan rahim (uterus) pada perempuan. Oleh karena itu hal tersebut dapat meningkatkan kesuburan wanita.

Jika kurma muda ini dikonsumsi bersamaan dengan kurma kering maka bisa menetralisir obat-obatan dan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Kurma juga dapat menyebabkan rangsangan dini di otot rahim untukĀ  berkontraksi. Oleh karena itu, sangat cocok untuk wanita hamil yang mengonsumsi yang dekat dengan HPL. Bagi ibu menyusui, kurma muda ini bisa menjadi suplemen untuk menghasilkan ASI.

Cara mengonsumsi kurma muda ini ada dalam berbagai macam cara. Selain dikonsumsi secara langsung seperti makan buah pada umumnya, kurma muda juga dapat dinikmati dalam bentuk minuman. Bila Anda adalah wanita yang ingin menikmatinya, maka kurma muda harus dikeringkan terlebih dahulu untuk dijadikan bubuk. Kemudian bubuk kurma muda tersebut dapat dikonsumsi dengan air madu atapun teh hangat. Konsumsi kurma muda yang optimal juga akan memberikan hasil yang optimal.